4 Jenis Sayuran Berwarna Yang Baik Untuk Dimakan Mentah





Anda barangkali sempat lihat sebagian orang konsumsi sayuran secarah mentah. Ya mereka konsumsi sayuran itu dengan cara mentah untuk memperoleh nutrisi yang lebih bagus. Beberapa sayuran akan kehilangan beberapa nutrisinya saat dibuat. Tetapi tidak semua sayuran bisa dikonsumsi dengan cara mentah, beberapa sayuran tipe lain seharusnya dibuat untuk keluarkan nutrisi didalamnya supaya semakin gampang diserap badan.


Seperti dikutip Livestrong.com, berikut ini ialah 4 tipe sayuran yang bisa dikonsumsi mentah berdasar dari warna sayuran itu. 

1. Sayuran Hijau

Warna hijau yang ada pada sayuran ialah warna dari klorofil, pigmen alami tumbuhan. Sayuran hijau seperti paprika hijau, mentimun serta yang lain, seperti bayam, kecuali dibuat baik dikonsumsi mentah. Ini agar memperoleh nutrisi yang lebih dari pada sayuran hijau.

Ahli pangan serta gizi Julie Garden-Robinson, Ph.D., LRD menjelaskan jika sayuran hijau serta sayuran kuning memiliki kandungan lutein serta zeaxanthin yang bisa menolong kurangi efek degradasi makula.

Sayuran hijau seperti brokoli serta bayam dianjurkan untuk dikonsumsi mentah sebab adalah sumber asam folat, begitupun dengan bit hijau sebab kaya kalium.

2. Sayuran merah

Sayuran mempunyai warna merah memiliki kandungan lycopene atau antosianin yang disebut anti-oksidan yang kuat. Harvard School of Public Health mengatakan jika tomat serta beberapa sayuran berwarna merah yang lain yang memiliki kandungan lycopene bisa menahan kanker prostat, paru-paru serta mulut. Beberapa sayuran merah diantaranya paprika merah, lobak serta kubis merah. Sayuran itu dianjurkan untuk dikonsumsi mentah.

3. Sayuran oranye serta kuning

Sayuran berwarna oranye serta kuning datang dari pigmen tanaman yang disebutkan karotenoid. Karotenoid ada banyak bentuk, misalnya pada wortel yang kaya beta-karoten, yang akan diubah jadi vitamin A oleh badan. Beta-karoten berperan untuk jaga skema kebal badan, mata serta kredibilitas selaput lendir.

Beberapa sayuran berwarna oranye serta kuning ialah wortel, paprika kuning, labu kuning serta tomat kuning.

4. Sayuran putih

Sayuran yang berwarna putih seperti bawang merah serta bawang putih baik untuk dikonsumsi mentah sebab memiliki kandungan allicin. Allicin ialah senyawa yang bisa menolong turunkan tekanan darah tinggi serta kandungan cholesterol jahat, disamping itu dapat kurangi efek penyakit jantung serta kanker perut.

Itu beberapa faedah sayuran berwarna yang bagus untuk dikonsumsi mentah. Mudah-mudahan berguna. Sharing this post

Postingan populer dari blog ini

3 factors not to stress over the stock exchange ‘crash'

We ought to learn how to deal with robotics and not stress over them taking our tasks